Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquirydan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sel dan Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA/MA

Syahuri T, Fanni (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquirydan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Sel dan Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_FANNI_SYAHURI_T _19177030_4026_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media yang dapat membantu pembelajaran adalah bahan ajar. Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru yang menggunakan bahan ajar akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan peserta didik lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran adalah LKPD.Pada penelitian ini ditemukan bahwa guru memang sudah menggunakan bahan ajar berupa LKPD, namun LKPD yang digunakan adalah LKPD yang dirancang oleh guru itu sendiri. LKPD tersebut hanya berupa materi, pertanyaan-pertanyaan dan sumber lain seperti yang digunakan. LKPD yang terdapat pada buku referensi hanya berupa uraian materi dan soal-soal yang belum mengarahkan peserta didik untuk kemampuan berpikir kritis.Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran guided inquiry dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian iniuntuk mengembangkan LKPD berbasis model pembelajaran guided inquiry dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sel dan jaringan tumbuhankelas XI SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan diawali dengan Preliminary research phase, Development or protoyping phase, dan Assesment phase. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar angket validitas dan praktikalitas, dan lembar soal berpikir kritis. Teknik analisis data validitas, praktikalitas menggunakan penskoran skala likert yang dimodifikasi menggunaakan teknik statistik deskriptif dan data efektivitas menggunakan uji-t menggunakan spss 2.2 Hasil penelitian menunjukkan LKPD memiliki kategori sangat valid dengan nilai validasi 89.78, sangat praktis 92.50 oleh guru Biologi dan peserta didik dengan nilai 83.70 dan hasil uji efektifitas LKPD berbasis model pembelajaran Guided Inquirydengan nilai signifikan 0.000 menunjukkan sangat efektif, terlihat perbedaan nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran Guided inquiry dengan kelas yang tidak menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran Guided Inquiry. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran Guided Inquiry yang telah dikembangkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif terhadap pengaruh kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GUIDED INQUIRY, BERPIKIR KRITIS, LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:12
Last Modified: 26 Apr 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43429

Actions (login required)

View Item View Item