Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang.

Tinendung, Desi Sakinah (2022) Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 pada Materi Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DESI_SAKINAH_TINENDUNG_20177004_4040_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil yang baik dari pendidikan harus disertai dengan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan bahan ajar. Data investigasi awal di SMPN 25 Padang menunjukkan bahwa belum tersedianya bahan ajar berupa e-module yang mampu memvisualisasikan materi pelajaran secara keseluruhan. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa 67,16% peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami konsep materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu dalam memvisualisasikan materi pelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-module berbasis problem based learning menggunakan adobe flash professional CS6 pada materi sistem pernapasan dan sistem ekskresi manusia untuk peserta didik kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 25 Padang Tahun Pelajaran 2021-2022. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi oleh dosen sebagai validator. Data uji praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket respon guru dan peserta didik. Data uji efektivitas diperoleh dari lembar soal pilihan ganda untuk penilaian kompetensi kognitif, lembar observasi untuk penilaian kompetensi afektif dan kompetensi psikomotor, serta lembar soal essay untuk penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil validasi oleh validator terhadap e-module berbasis problem based learning menunjukkan nilai rata-rata 86,35% (sangat valid). Hasil penilaian praktikalitas oleh guru IPA menunjukkan rata-rata 90,87% (sangat praktis) dan hasil penilaian praktikalitas oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 89,25% (sangat praktis). Hasil uji efektivitas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik menunjukkan bahwa e-module berbasis problem based learning sangat efektif dan nilai keterampilan berpikir kreatif diperoleh rata-rata 74,24 (kreatif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-module berbasis problem based learning yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, sangat efektif, dan dapat melatih keterampilan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6, E-MODULE, PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2023 08:12
Last Modified: 26 Apr 2023 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43428

Actions (login required)

View Item View Item