Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 2 Lubuk Basung

Syamsu, Azhari (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMKN 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_AZHARI_SYAMSU_18138040_7761_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada yaitu pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan belum memiliki perangkat pembelajaran yang inovatif dan terintegrasi dengan materi Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan sehingga diperlukan perangkat pembelajaran project based learning yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri.Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perangkat pembelajaran project based learning yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4-D. Subjek penelitian adalah siswa jurusan teknik ketenagalistrikan yang mengambil mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh guru dan siswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan efektifitas perangkat pembelajaran project based learning. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: 1) Menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran project based learning, 2) Validitas perangkat pembelajaran project based learning, dinyatakan valid pada aspek content (isi), aspek format dan aspek penyajian, 3) Praktikalitas perangkat pembelajaran project based learning, berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan sangat praktis, 4) Efektivitas perangkat pembelajaran project based learning, dinyatakan efektif dapat meningkatkan aspek pengetahuan siswa terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran dan meningkatnya aspek keterampilan siswa dilihat dari hasil tugas proyek yang dihasilkan. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran project based learning, ini valid, praktis dan efektif sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERANGKAT PEMBELAJARAN, PROJECT BASED LEARNING, VALIDITAS, PRAKTIKALITAS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:03
Last Modified: 18 Apr 2023 06:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43417

Actions (login required)

View Item View Item