Pengembangan Buku Guru Tema 8 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah

Asnal, Asnal (2022) Pengembangan Buku Guru Tema 8 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di Kelas III Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ASNAL_20199015_3829_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Upaya pemerintah dalam pengimplementasian Kurikulum 2013 adalah dengan menerbitkan buku guru sebagai pedoman guru dalam mengajar. Masalah dalam penelitian ini adalah buku guru Tema 8 yang diterbitkan pemerintah masih terdapat banyak kekurangan dari segi isi buku, terutama pada mata pelajaran Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku guru tema 8 untuk materi pelajaran Penjasorkes di kelas III Sekolah Dasar yang layak digunakan guru sebagai buku panduan dalam mengajar materi pelajaran Penjasorkes untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian dan pengembangan (research and Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di 5 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidayah Negeri Kota Solok pada kelas III. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku guru tema 8 mata pelajaran Penjasorkes di kelas III Sekolah Dasar dalam kategori sangat valid dengan nilai 5,09 untuk uji validitas, sangat praktis dengan nilai 96,97 untuk uji praktikalitas, dan sangat efektif dengan nilai 97,22 untuk uji efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, buku tambahan buku guru tema 8 praja muda karana ini layak digunakan oleh guru PJOK dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFardi, AdnanUNSPECIFIED
CorrectorKhairuddin, KhairuddinUNSPECIFIED
CorrectorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUKU GURU, TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:20
Last Modified: 18 Apr 2023 05:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43415

Actions (login required)

View Item View Item