Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Metode Inkuiri Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP

Marahain, Yani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Metode Inkuiri Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_YANI_MARAHAINI_17004161_17004161_7491_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah yang terdapat di SMPN 7 Padang pada mata pelajaran IPA di kelas VII, ditemukan masalah kurang tertariknya siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA dikarenakan guru menggunakan aplikasi Geschool di dalam pembelajaran yang mana materi disajikan dalam bentuk file Pdf yang berisi informasi yang abstrak tanpa penjelasan media yang bersifat verbal, mengakibatkan media yang digunakan tidak efesien saat waktu pembelajaran karena media berupa materi PDF yang merangkum banyak materi. Media video animasi dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode Inkuiri atau bersifat lebih nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan kelayakan media pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 4 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Uji validitas produk media video animasi dilakukan oleh tiga orang validator yaitu satu orang validator materi dan dua orang validator media. Uji coba produk media video animasi dilakukan kepada 15 orang siswa kelas VII.5 di SMP Negeri 4 Padang. Hasil uji validitas produk aspek materi berada pada “Sangat Valid” sebesar 4,8 dari skor maksimal 5 dengan persentase 97%. Kemudian untuk aspek media berada pada pencapaian “Sangat Valid” dengan nilai rata-rata sebesar 4,76 dari skor maksimal 5 dengan persentase 95%. Selanjutnya hasil uji kepraktisan produk media video animasi berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada pencapaian “Sangat Praktis” dengan nilai rata-rata sebesar 4,8 dari skor maksimum 5 dengan persentase 96 %.Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video animasi di pelajaran IPA kelas VII SMP menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui sepuluh langkah model pengembangan Borg dan Gall. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media video animasi pada mata pelajaran IPA sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO ANIMASI, METODE INQUIRY, ADOBE FLASH CS6
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:05
Last Modified: 18 Apr 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43409

Actions (login required)

View Item View Item