Pengaruh Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal LambangBilangan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Perwari Padang

Andriani, Vivin (2022) Pengaruh Model Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal LambangBilangan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_VIVIN_ANDRIANI_18003170_6875_2022.pdf

Download (973kB) | Preview

Abstract

Lambang bilangan merupakan simbol yang menyatakan jumlah dengan menggunakan angka. lambang bilangan adalah nilai yang berupa abstrak atau simbol angka untuk menentukan jumlah sebagai pencacahan atau pengukuran. Mengenalkan lambang bilangan ini kepada anak tunagrahita ringan bukanlah dengan cara yang mudah, karena anak tunagrahita ringan ini memiliki IQ dibawah rata-rata, dengan itu guru harus bersikap sabar dan media pembelajaran yang dipakai guru juga kreatif dan inovatif agar anak tunagrahita tidak bosan serta memahami disaat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperatif learning tipe Course Review Horay (CRH)dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan satu sampai lima bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Singel Subject Research (SSR), berdesain A-B-A. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Cooperatif Learning tipe Course ReviewHoray (CRH) sebagai variabel bebas, dan variabel terkait berupa mengenal lambang bilangan satu sampai lima. Penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan antar kondisi yang mana dapat digambarkan dalam bentik tabel dan gambar. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari kecenderungan stabilitas pada mean level A1 yakni 0%. Lalu terjadi kenaikan saat diberikan intervensi (B) yang mana mean levelnya 49% dan setelah diberikan intervensi yaitu kondisi A2 mean levelnya 72%. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan setiap kondisi yang berarti anak sudah mampu mengenal lambang bilangan satu sampai lima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA, COOPERATIF LEARNING, LAMBANG BILANGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:44
Last Modified: 17 Apr 2023 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43399

Actions (login required)

View Item View Item