Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Blender 3D Animation pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus dan Balok) di Kelas V Sekolah Dasar

Khairin, Ummul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Blender 3D Animation pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus dan Balok) di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_UMMUL_KHAIRIN_18129324_6110_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V Sekolah Dasar yang menggunakan software Blender 3D Animation. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis software Blender 3D Animation pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan model ADDIE. Robert Maribe Brach (Sugiyono, 2017) menjelaskan tahapan yang digunakan pada model ADDIE yaitu Tahap Analysis (Analisis), Tahap Design (Perancangan), Tahap Development (Pengembangan), Tahap Implementation (Implementasi), dan Tahap Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data didapatkan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli bahasa. Sedangkan angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 21 orang peserta didik yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan di kelas V SD Negeri 24 Parupuk Tabing, Kota Padang. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis software Blender 3D Animation memperoleh hasil uji validitas materi sebesar 92%, hasil uji validitas media sebesar 96%, dan hasil uji validitas bahasa sebesar 90%. Pada hasil praktikalitas angket dan respon guru memperoleh hasil sebesar 90% dan respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 91,43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis software Blender 3D Animation pada materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok) di kelas V Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArriani, YettiUNSPECIFIED
CorrectorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, SOFTWARE BLENDER, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:43
Last Modified: 17 Apr 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43397

Actions (login required)

View Item View Item