Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble di Kelas III SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Aini, Thasya Djahratul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Scramble di Kelas III SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_THASYA_DJAHRATUL_AINI_18129141_5585_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kondisi ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga peserta didik di kelas III SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Scramble di kelas III SD Negeri 18 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas III Sekolah Dasar dengan jumlah 18 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 86,1% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (A), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 83,3% (B) dan siklus II 95,8% (A), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 79,2% (C), dan siklus II menjadi 91,6% (A), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 78,6 (C) dan siklus II 91,2 (B). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
CorrectorYonisrul, YonisrulUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:02
Last Modified: 17 Apr 2023 05:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43390

Actions (login required)

View Item View Item