Studi Naratif Persepsi Orang Tua Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme di SMK Negeri 7 Padang

Hanum, Taskia (2022) Studi Naratif Persepsi Orang Tua Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Bagi Anak Gangguan Spektrum Autisme di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_TASKIA_HANUM_17003157_6709_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di salah satu sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di kota Padang, yaitu SMK Negeri 7 Padang tentang implementasi pembelajaran daring bagi anak gangguan spektrum autisme. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kemudian dialihkan menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan menceritakan persepsi orangtua terhadap pelaksanaan pembelajaran daring bagi anak GSA dimasa COVID-19. Meliputi bagaimana persepsi orangtua teradap persiapan yang dilakukan oleh guru, terhadap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru, terhadap evaluasi yang dilakukan oleh guru dan bentuk dukungan-dukungan orang tua. Metode penelitian adalah studi naratif kualitatif, subjek dalam penelitian adalah orang tua anak GSA. Data dikumpulkan melalui, wawancara dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis, disajikan dan ditarik kesimpulan dari data-data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menceritakan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru yaitu pelaksanaannya sama seperti siswa lainnya tidak ada bedanya, sama tujuan pembelajaran, materi, metode, dan media. Pelaksanaan pembelajaran daring bagi anak yaitu kurang efektif karena adanya kendala-kendala. Cerita orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu orangtua mendampingi anak mulai dari anak mengisi absensi hingga pembelajaran selesai. Persepsi orangtua terhadap evaluasi yaitu guru memberikan tugas berupa pertanyaan tertulis dan lisan melaui grup whatsapp atau zoom. Cerita orang tua terhadap dukungan-dukungan pelaksanaan pembelajaran daring yaitu dukungan moril orang tua memberikan waktu mendampingi anak, mendidik, membimbing dan megawasi anak GSA dalam pembelajaran daring. Dukungan materil orangtua mempersiapkan sarana dan prasarana untuk anak seperti handphone, wifi, buku, alat tulis dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME, PEMBELAJARAN DARING
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:02
Last Modified: 17 Apr 2023 05:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43389

Actions (login required)

View Item View Item