Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok

Monika, Surya (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_SURYA_MONIKA_18129038_6996_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model atau pendekatan yang bervariasi dan kurang melibatkan peserta didik untuk saling bekerja sama. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model Kooperatif tipe Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif tipe Course Review Horay di kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok yang berjumlah 29 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan pembelajaran aspek guru, aspek peserta didik dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Kooperatif tipe Course Review Horay .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil penelitian dari RPP : Siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan RPP sebesar 80,55% (C), siklus II meningkat menjadi 86,11% (B). Hasil dari pelaksanaan pembelajaran aspek guru adalah : Siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan sebesar 77,75% (C) dan siklus II meningkat menjadi 87,5% (B) dan hasil dari aspek peserta didik : Siklus I diperoleh rata-rata persentase keberhasilan sebesar 75,95% (C), siklus II meningkat menjadi 90,27% (A). Hasil belajar peserta didik: Siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 79,08 (B), siklus II meningkat menjadi 89,56 (A). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 15 Muara Panas Kabupaten Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorfarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:48
Last Modified: 17 Apr 2023 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43386

Actions (login required)

View Item View Item