Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh

Wahyuni, Sri (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_SRI_WAHYUNI_18129083_6351_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh. Hal ini dikarenakan guru kurang mengembangkan model pembelajaran dan guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan sendiri penyelesaian masalah pada materi pembelajaran sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SDN 011/XI Desa Gedang Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 21 orang peserta didik kelas IV. Hasil penelitian pada RPP di siklus I memperoleh nilai dengan rata-rata 86,10% (B), kemudian meningkat pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 94,44% (SB). Penilaian aspek guru siklus I memperoleh nilai rata-rata 82,82% (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,75% (SB). Penilaian aspek peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 82,82% (B), meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 93,75% (SB). Penilaian aspek sikap siklus I Baik, siklus II Sangat Baik karena peserta didik menunjukkan sikap positif terkait KI -1 dan KI-2. Penilaian aspek pengetahuan siklus I dengan nilai rata-rata 71,91 (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,30 (B). Penilaian aspek keterampilan siklus I dengan rata-rata 72,32 (C), meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,01(B). Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:04
Last Modified: 17 Apr 2023 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43383

Actions (login required)

View Item View Item