Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Rambe, Sri Gustina (2022) Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_SRI_GUSTINA_RAMBE_20151036_5391_2022.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Pemahaman siswa yang rendah tentang bahaya penyalahgunaan narkoba akan mendorong siswa untuk melakukan perilaku menyimpang karena anggapan yang salah mengenai narkoba, rasa ingin tahu/ coba-coba, keingintahuan yang besar untuk mencoba, tanpa sadar atau berfikir panjang mengenai akibatnya. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba adalah dengan layanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa SMA N 5 Padang dan subjek dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian digunakan dengan model Skala Likert, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 22.00. Temuan dari penelitian ini yakni: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan pendekatan contextual teaching and learning, (2) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tanpa pendekatan contextual teaching and learning, dan (3) terdapat perbedaan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan informasi dengan pendekatan contextual teaching and learning dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan informasi tanpa pendekatan contextual teaching and learning. Perbedaan dapat dilihat dari hasil posttest kelompok eksperimen yang lebih tinggi dari pada hasil posttest kelompok kontrol. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan pendekatan contextual teaching and learning lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENYALAHGUNAAN NARKOBA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Apr 2023 09:23
Last Modified: 14 Apr 2023 09:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43377

Actions (login required)

View Item View Item