Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Status Perceraian Orangtua di SMA N 8 Padang

Aprilina, Siska (2022) Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Status Perceraian Orangtua di SMA N 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_SISKA_APRILINA_18006052_7520_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena di lapangan terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa ditinjau dari status perceraian orang tua yang hidup dan mati di SMA N 8 Padang. Baik siswa yang orang tuanya bercerai hidup dan bercerai mati, kurang pandai dalam memanagemen diri dalam belajar, kurang control diri serta rendahnya motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa yang orangtuanya bercerai hidup (2) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa yang orangtuanya bercerai mati (3) Menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian belajar siswa yang orangtuanya bercerai hidup dengan siswa yang orangtuanya bercerai mati Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi, yaitu penelitian membandingkan antara dua atau lebih kelompok dalam satu variable. Populasi dalam penelitin ini adalah siswa yang kemandirian belajarnya dilihat status perceraian orangtua, bercerai hidup dan mati. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel 92 siswa yang orangtuanya bercerai. Data dikumpulkan dengan mengadministrasikan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis komparatif menggunakan uji t (t-test). Temuan penelitian menunjukkan hasil bahwa secara umum; 1) Tingkat kemandirian belajar siswa orang tuanya bercerai hidup sebagian pada kategori tinggi 2) Tingkat kemandirian belajar siswa orang tuanya bercerai mati berada pada kategori tinggi (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian belajar siswa ditinjau dari status perceraian hidup dan kemandirian belajar siswa dari perceraian mati, rata-rata skor capaian kemandirian belajar siswa orangtua bercerai mati lebih tinggi dibandingkan kemandirian belajar siswa orangtua bercerai hidup. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam perencanaan layanan BK, terutama untuk meningkatkan perhatian siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:36
Last Modified: 14 Apr 2023 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43357

Actions (login required)

View Item View Item