Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP

Sesmiati, Sesmiati (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_SESMIATI_18004222_7341_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, dimana terbatasnya jumlah jam pelajaran di sekolah, materi yang bersifat praktek resiko ketertinggalan siswa lebih besar sehingga menimbulkan gangguan-gangguan di kelas seperti siswa sering meribut dan kadang-kadang menganggu temannya. Hal ini juga disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang ada, kurangnya variasi guru dalam penggunaan media pembelajaran baik media konvensional maupun berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Develepment (RnD), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan pada penelitian ini bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu (1) Pengumpulan data, (2) Desain produk, (3) Pengembangan produk, (4) Validasi dan revisi, (5) Uji Coba Produk, (6) Produk akhir. Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media dan 1 orang validator materi, sedangkan jumlah subjek penelitian adalah 24 orang siswa SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Alat pengumpulan data berupa angket, format penilaian dan soal tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator media dan validator materi, dapat disimpulkan hasil penilaian oleh dua orang ahli media dikategorikan “Sangat Valid” untuk digunakan dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu mendapatkan rata-rata 4,96 dan validator II rata-rata 5,00. Sedangkan hasil penilaian ahli materi dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 4,44. Hasil uji praktikalitas multimedia interaktif berada pada kategori “Praktis” dengan hasil penilaian rata-rata 4,37. Hasil uji efektivitas menunjukkan t_hitung> dari t_tabel sehingga menunjukkan perbedaan yang lebih tinggi secara signifikan antara pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas dapat dinyatakan bahwa multimedia interaktif berbasis Adobe Flashini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorBetri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF; ADOBE FLASH; BIMBINGAN TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:02
Last Modified: 14 Apr 2023 01:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43352

Actions (login required)

View Item View Item