Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan model Cooperative Tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SD Negeri 25 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok

Yati, Roahma (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan model Cooperative Tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SD Negeri 25 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ROAHMA_YATI_17129078_5479_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian inidilatar belakangi oleh hasil belajar tematik terpadu di Kelas IV SD Negeri 25 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok rendah,dimana kurang terlihat kerjasama siswa dalam proses pembelajaran dan siswa yang kurang dalam pengetahuan hanya menjadi pendengar yang baik saat diskusi kelompok berlangsung. Tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Tipe Two Stay Two Stray. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV dengan jumlah siswa 12 orang dan peneliti berperan sebagai praktisi serta guru kelas sebagai observer. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 82,05% (B), sedangkansiklus II memperoleh persentase 94,44% (A). Aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 79, 69% (C), sedangkan siklus II memperoleh perentase 90,63% (A). Aktivitas siswasiklus I memperoleh persentase 79,69% (C), sedangkan siklus II memperoleh persentase 90,63% (A), dan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I adalah 73,43 dan hasil belajar siswa siklus II adalah92,5, serta pada aspek keterampilan memperoleh rata-rata 77,6 menjadi 86,7. Dengan demikian penelitian tindakan kelas dengan model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswapada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 25 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:48
Last Modified: 13 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43333

Actions (login required)

View Item View Item