Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 09 Gumarang Kabupaten Agam

Putri, Rizka Rahmawati (2022) Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Negeri 09 Gumarang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_RIZKA_RAHMAWATI_PUTRI_18129305_7234_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran peserta didik terlihat kurang aktif, peserta didik juga kurang mendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran, serta keberanian peserta didik berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurang terlihat itu disebabkan oleh masih minimnya pegembangan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 09 Gumarang, Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri satu kali pertemuan. Pada setiap siklus meliputi empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I 82,95% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 77,5% (baik), dan siklus II 95% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 75% (baik), dan siklus II 90% (sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh dengan ratarata 69,57 dan siklus II dengan 86,25. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorHamimah, HamimahUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL THINK PAIR SHARE, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:41
Last Modified: 13 Apr 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43328

Actions (login required)

View Item View Item