Gusrianto, Revi (2022) Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar untuk SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_03_REVI_GUSRIANTO_18004087_6320_2022.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengembangan bahan ajar setiap tahunnya dilakukan sebagai solusi dalam menjawab permasalahan pembelajaran dimana masih kurangnya bahan ajar yang interaktif yang digunakan oleh tenaga pendidik pada saat proses pembelajaran sehingga membuat kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar. Kurikulum merdeka belajar seharusnya memberikan peserta didik kemudahan dalam melakukan proses pembelajaran yang lebih fleksibel dan direalisasikan dengan adanya studi kasus serta project dalam menunjang pemahaman peserta didik mengenai mata pelajaran informatika yang dijadikan sebagai mata pelajaran wajib SMP pada kurikulum merdeka belajar. Bahan ajar melalui e-modul dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran, sehingga dapat membuat pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan menumbuhkan kemandirian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul pada mata pelajaran informatika kelas 7 SMP agar menghasilkan bahan ajar yang layak, interaktif dan praktis digunakan oleh tenaga pendidik dan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D (Four D) (Define, Design, Development, dan Dessminstion). Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari:(1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Develope (Pengembangan), (4) Dessiminate (Penyebaran). Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 validator ahli media dan 1 validator ahli materi. Uji praktikalitas dilakukan kepada 22 responden peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Gunung Talang. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi e-modulmemperoleh skor rata-rata yaitu 3,9 dan dikategorikan “Valid”. Skor rata-rata untuk penilaian bahan ajar menggunakan Flip PDF Corporate Edition pada mata pelajaran informatika kelas 7 SMP oleh validator media I yaitu 3,8 dengan kriteria “Valid” dan validator media II yaitu 3,5 dengan kriteria “Valid”. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dari sisi media dikategorikan “Valid”. Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan model, tahap pertama dengan melakukan analisis kurikulum, analisis peserta didik, dan analisis konsep. Kemudian dilakukan pengembangan produk awal dengan membuat flowchart lalu membuat bahan ajar dengan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Selanjutnya dilakukan tahapan uji validitas oleh validator materi dan validator media. Yang terakhir yaitu melakukan uji coba praktikalitas kepada peserta didik kelas 7 SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PENGEMBANGAN E-MODUL, KURIKULUM MERDEKA BELAJAR | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:23 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43314 |
Actions (login required)
View Item |