Pengaruh Penambahan Zat Aditif Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Polietilen Glikol (PEG) dari Air Kelapa (Cocos nucifera)

Wahyunita, Norma (2022) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Gum Arab terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Polietilen Glikol (PEG) dari Air Kelapa (Cocos nucifera). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_NORMA_WAHYUNITA_17036085_1987_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Plastik merupakan suatu polimer yang banyak kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun berdampak buruk bagi lingkungan karena sulit terdegradasi di alam. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk membuat plastik yang lebih ramah lingkungan yaitu plastik Biodegradable yang memanfaatkan selulosa bakteri dari Acetobacter xylinum dengan media air kelapa tua dengan penambahan plasticizer berupa Polietilen Glikol (PEG) dan penambahan zat aditif gum arab dengan variasi massa dari gum arab yaitu 0g, 1g, 3g, 5g dan 7g. Plastik selulosa bakteri PEG gum arab yang dihasilkan dikarakterisasi meliputi kandungan air (water content), derajat penggembungan (swelling), uji kuat tarik (tensile strength), elongasi, elastisitas, kemampuan biodegradasi, analisis gugus fungsi (FTIR) dan uji kristalinitas (XRD). Hasil pengujian kandungan air dan derajat penggembungan pada plastik selulosa bakteri PEG gum arab, didapatkan plastik dengan semakin banyak massa gum arab yang ditambahkan maka semakin besar persentase kandungan air dan derajat penggembungan. Hasil pengujian mekanik menunjukkan kenaikan nilai kuat tarik dan elastisitas seiring dengan banyaknya gum arab yang ditambahkan tetapi nilai elongasi semakin turun. Pada pengujian biodegradasi didapatkan semakin banyaknya gum arab yang ditambahkan kemampuan biodegradasinya semakin bertambah. Pada analisis gugus fungsi plastik menunjukkan tidak adanya gugus baru yang terbentuk. Analisis kristalinitas menunjukkan bahwa penambahan gum arab dapat menurunkan persentase kristalin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
CorrectorAzra, FajriahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:54
Last Modified: 12 Apr 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43308

Actions (login required)

View Item View Item