Bentuk dan Makna Motif Batik di Desa Lundang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan: Studi Kasus di Sanggar Azyanu Batik 1000 Rumah Gadang

Pratiwi, Mailani (2022) Bentuk dan Makna Motif Batik di Desa Lundang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan: Studi Kasus di Sanggar Azyanu Batik 1000 Rumah Gadang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MAILANI_PRATIWI_18075162_5385_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sanggar Azyanu Batik 1000 Rumah Gadang merupakan suatu usaha kerajinan batik yang ada di desa Lundang, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Batik 1000 Rumah Gadang, baik dari segi nama motif, bentuk motif batik, dan makna yang terkandung di setiap motif batiknya masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Karena kurangnya informasi tentang bentuk dan makna motif batik tersebut. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan 1) kajian bentuk motif batik 1000 Rumah Gadang 2) kajian makna motif batik 1000 Rumah Gadang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, triangulasi dan auditing. Hasil penelitian yaitu 1) bentuk motif batik 1000 Rumah Gadang terinspirasi dari: (a) bentuk naturalis (flora seperti : motif bungo rancak di nagari 1000 rumah gadang, motif daun balimbiang wuluh, motif daun siriah) (fauna seperti : motif rusa di nagari 1000 rumah gadang, motif burung merak dan motif tanduak kabau) (b) bentuk geometris seperti : motif gerbang 1000 rumah gadang, motif rangkiang, dan motif Menara songket (c) bentuk dekoratif seperti : motif semarak nagari 1000 rumah gadang, motif carano, dan motif mahkota. 2) Hasil penelitian makna motif batik memiliki berbagai makna yaitu: 1) gerbang nagari 1000 rumah gadang bermaknakan bersikap ramah tamah atau baik 2) motif bungo rancak di nagari 1000 rumah gadang bermakna kecantikan 3) motif semarak nagari 1000 rumah gadang bermakna meriah, dan megah 4) motif rangkiang di tangah rimbo bermakna suatu kemakmuran dan kelimpahan harta 5) motif rusa di nagari 1000 rumah gadang motif ini bermakna sifat dan sikap seorang pemimpin 6) motif burung merak dan rembulan bermakna sifat dan sikap seorang dalam memimpin 7) motif carano bermakna penghormatan 8) motif daun balimbiang wuluh bermakna memanfaatkan tumbuh-tumbuhan 9) motif menara songket bermakna nasehat 10) motif tanduak kabau bermakna simbol penghormatan 11) motif daun siriah bermakna kesederhanaan 12) motif mahkota bermakna seorang pemimpin yang memiliki kekuasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrita, Sri ZulfiaUNSPECIFIED
CorrectorAdriani, AdrianiUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KERAJINAN BATIK, BENTUK MOTIF, BATIK
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Apr 2023 01:11
Last Modified: 12 Apr 2023 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43294

Actions (login required)

View Item View Item