Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Kec. Akabiluru Kab 50 Kota

Andini, Nia (2022) Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Kec. Akabiluru Kab 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_NIA_ANDINI_18006295_7355_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena prestasi belajar siswa di sekolah belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan kemandirian belajar siswa yang masih ada siswa yang kurang rasa tanggung jawab, siswa masih ada yang merasa rendah diri dan masih terdapat siswa yang kurang berinisiatif untuk belajar secara mandiri. Kemauan siswa yang bersungguh-sungguh, tekun dan pantang menyerah akan berdampak pada prestasi belajar yang akan dicapai siswa. Keberhasilan belajar siswa dapat dilihat dari proses belajar yang menghasilkan perubahan tingkah laku yang dituju, pendidikan juga dapat berjalan dengan semestinya ketika siswa mempunyai kemandirian belajar yang tinggi. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran: (1) kemandirian belajar, (2) prestasi belajar, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 328 siswa yang terdaftar di kelas XI dan XII SMAN 1 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota pada Semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2022/2023 dengan sampel 150 siswa yang dipilih secara Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen penelitian kemandirian belajar dengan menggunakan skala model likert dan nilai rapor semester 2. Data analisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) kemandirian belajar berada pada kategori tinggi, (2) prestasi belajar berada pada kategori tinggi, dan (3) terdapat hubungan positif lemah yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi 0,388 dan taraf signifikan 0,000 implikasi bagi bimbingan dan konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorZikra, ZikraUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEMANDIRIAN BELAJAR, PRESTASI BELAJAR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:59
Last Modified: 10 Apr 2023 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item View Item