Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pelajaran IPA dalam Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP

Faranda, Nadya (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual pada Pelajaran IPA dalam Materi Sistem Ekskresi Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_NADYA_FARANDA_18004028_7729_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dianalisis dari beberapa permasalahan yang perlu dicari solusinya, yaitu pada pelajaran IPA gurunya masih menggunakan metode ceramah, berpedoman pada buku teks, mencatat di papan tulis, dan kurang menggunakan media pembelajaran, sehingga motivasi dan semangat belajar peserta didik berkurang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media audio visual menggunakan sparkol videoscribe untuk memudahkan peserta didik memahami pembelajaran sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research dan Developments (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari 5 tahapan, pertama analisis (Analysisi) yaitu mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran untuk mendapatkan informasi dan menganalisis permasalahan guna mendapatkan solusi yang cocok. Kedua, desain (Design) yaitu membuat rancangan pembuatan produk audio visual pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe. Ketiga pengembangan, (development) yaitu mengembangkan media menjadi sebuah produk sesuai desain yang telah dibuat. Keempat, implementasi (Implementation) yaitu menerapkan media yang telah dibuat sesuai sasarannya. Pada tahap pengembangan dan implementasi dilakukan pengembangan produk menjadi media pembelajaran dan dilakukan uji validitas dan praktikalitas untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran audio visual yang dikembangkan. Kelima, evaluasi (Evaluation), tahap ini dilakukan setiap tahap dalam penelitian pengembangan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli media sangat valid dengan penilaian 4,65, sedangkan nilai kelayakan oleh ahli materi sangat valid dengan penilaian 4,56, respon peserta didik terhadap praktikalitas media sangat praktis dengan penilaian 4,56. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembalajaran audio visual ini layak digunakan sebagai media pembelajaran saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorKurnia, Meldi AdeUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA AUDIO VISUAL, ADDIE, SPARKOL VIDEOSCRIBE
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:03
Last Modified: 14 Apr 2023 09:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43280

Actions (login required)

View Item View Item