Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Artifisial Melalui Model Direct Instruction bagi Peserta Didik Tunagrahita Kategori Ringan di kelas IX SLB Bina Bangsa Padang

Amron, Nabilla (2022) Meningkatkan Keterampilan Merangkai Bunga Artifisial Melalui Model Direct Instruction bagi Peserta Didik Tunagrahita Kategori Ringan di kelas IX SLB Bina Bangsa Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_NADIA_SAFIRA_18003022_6291_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu tempat dimana seseorang dapat mendapatkan ilmu. Dalam prosesnya terdapat kegiatan pembelajaran yang terjalin antara peserta didik dan pendidik. Dalam dunia pendidikan, terdapat pendidikan khusus yang diperuntukkan bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Seperti halnya peserta didik tunagrahita kategori ringan yang cenderung kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran karena memiliki iq dibawah rata-rata. Masalah yang terjadi di dalam pembelajaran keterampilan merangkai bunga artifisial yaitu, Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung sehingga nilai peserta didik mendapatkan dibawah KKM sekolah. Masalah yang mendasar dilaksanakan penelitian ini ialah adanya penurunan nilai pada peserta didik terhadap mata pelajaran keterampilan vokasional merangkai bunga artifisial, sehingga nilai berada di bawah rata-rata KKM yaitu 60. Peserta didik kurang terampil dalam merangkai dan menghias bunga tersebut. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan diterapkannya penelitian tindakan kelas yaitu untuk menaikkan kinerja pembelajaran di kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui dua siklus, siklus I terdiri dari empat pertemuan dan dua pertemuan pada siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh, pertama pembelajaran menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran merangkai bunga tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan dan banyak bantuan yang diberikan guru saat mengajar peserta didik. Kedua, setelah peneliti memberi tindakan melalui model direct instruction terlihat perubahan yang signifikan dan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam merangkai bunga. Jadi terbukti dengan adanya model direct instruction menjadikan nilai peserta didik berada diatas KKM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmahtrisilvia, RahmahtrisilviaUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DIRECT INSTRUCTION, TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:35
Last Modified: 10 Apr 2023 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43279

Actions (login required)

View Item View Item