Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Saputra, Enrico (2022) Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ENRICO_SAPUTRA_18086110_3442.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru tentang kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes yang dilaksanakan secara hybrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru yang berjumlah 154 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simpel Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrumen untuk pengumpulan data motivasi menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar menggunakan nilai rapor semester genap Januari-Juni 2022. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Jika data berdistribusi normal dan homogen maka uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik parametrik, dan jika data bersifat normal dan tidak homogen atau tidak normal dan tidak homogen maka uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi siswa diperoleh tingkat capaian sebesar 70.96 % yang berada pada klasifikasi “Baik”. Sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh capaian di atas KKM dan dinyatakan tuntas serta untuk sikap termasuk kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan antara motivasi siswa terhadap hasil belajar penjasorkes kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota, yaitu apabila siswa memiliki motivasi yang tinggi maka akan memperoleh hasil belajar yang baik dan sebaliknya apabila siswa memiliki motivasi yang rendah maka akan memperoleh hasil belajar yang rendah juga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsuar, SyamsuarUNSPECIFIED
CorrectorJonni, JonniUNSPECIFIED
CorrectorWarti, YaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:11
Last Modified: 10 Apr 2023 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43275

Actions (login required)

View Item View Item