Saputra, Enrico
(2022)
Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh
Kota.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru tentang kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes yang dilaksanakan secara hybrid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru yang berjumlah 154
orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simpel Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrumen untuk pengumpulan data motivasi menggunakan angket sedangkan
untuk hasil belajar menggunakan nilai rapor semester genap Januari-Juni 2022. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Jika data berdistribusi normal dan homogen maka uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik parametrik, dan jika data bersifat normal dan tidak homogen atau tidak normal dan tidak homogen maka uji
hipotesis dilakukan dengan uji statistik non parametrik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi siswa diperoleh tingkat capaian sebesar 70.96 % yang berada pada klasifikasi “Baik”. Sedangkan untuk hasil belajar siswa diperoleh capaian di atas KKM dan dinyatakan tuntas serta untuk sikap termasuk kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan antara motivasi siswa terhadap hasil belajar penjasorkes kelas X di SMA
Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota, yaitu apabila siswa memiliki motivasi yang tinggi maka akan memperoleh hasil belajar yang baik dan sebaliknya apabila siswa memiliki motivasi yang rendah maka akan memperoleh
hasil belajar yang rendah juga.
Actions (login required)
|
View Item |