Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Keterampilan Shooting pada Siswa Ekstrakurikuler dalam Permainan Futsal di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Dewi Rahmadani (2022) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Keterampilan Shooting pada Siswa Ekstrakurikuler dalam Permainan Futsal di SMA Negeri 1 Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DEWI_RAHMADANI_SIREGAR_18087025_3085.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan shooting futsal siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Batang Onang, ini disebabkan oleh banyak faktor, tetapi peneliti hanya melihat faktor daya ledak otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak otot tungkai terhadap keterampilan shooting futsal siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Batang Onang. Jenis penelitian ini korelasional. Populasi dalam penelitian ini siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Batang Onang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, diperoleh sampel seluruh siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Batang Onang sebanyak 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 31 maret sampai 1 april 2022. Pengumpulan datanya dengan menggunakan tes standing broad jump dan tes keterampilan shooting ke gawang. Data dianalisis menggunakan korelasi product momen pada signifikan a=0,05, untuk mengetahui kontribusi ditentukan dengan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi daya ledak otot tungkai (X terhadap keterampilan shooting (Y) rhitung = 0,781 > rtabel = 0,514 dan uji signifikasi dengan distribusi t terdapat thitung = 7,19 > ttabel = 1,575, artinya ipotesis yang diajukan diterima. Jadi kesimpulan pada penelitian ini yaitu daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan shooting sebesar 60,9% pada siswa ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Batang Onang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorYudi, Alex AldhaUNSPECIFIED
CorrectorSoniawan, VegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak Otot Tungkai
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:41
Last Modified: 06 Apr 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43256

Actions (login required)

View Item View Item