Olahraga Tradisional Buru Babi D Korong Rimbo Karambia Kanagarian Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman

Cahyadi, Dedi (2022) Olahraga Tradisional Buru Babi D Korong Rimbo Karambia Kanagarian Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DEDI_CAHYADI_1104612_2319.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui gerak olahraga dalam olahraga tradisional buru babi berlangsung dan unsur gerak tubuh yang terlibat dalam melakukan olahraga buru babi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kegiatan olahraga buru babi berlangsung dan gerak olahraga dalam aktivitas buru babi di Korong Rimbo Karambia Kanagarian Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, eksplorasi data menggunakan teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dipaparkan sesuai hasil yang ditemukan dilapangan. Adapun responden dalam penelitian ini adalah sebanyak empat orang diataranya ketua Persatuan Olahraga Buru Babi Indonesia (PORBI) Kecamatan, Penggiat, dan muncak-muncak yang aktif dalam kegiatan ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Olahraga Tradisional Buru Babi di Korong Rimbo Karambia Kanagarian Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dimulai Musyawarah duduak ateh lapiak oleh Ketua PORBI, Tokoh masyarakat, Muncak-muncak pada pukul 10.00 pagi sampai pukul 11.00, setelah itu melaksanakn buru babi sampai pukul 16.00 sore. olahraga tradisional buru babi di Korong Rimbo Karambia Kanagarian Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis selalu berpindah-pindah setiap minggunya ke korong-korong yang ada di kenagarian tersebut. Gerak olahraga penggiat terlihat aktif ketika penggiat melaksanakn perburuan dimulai dari berjalan, berlari, melompat dan melempar ketika mengejar buruan (babi) dan selama aktivitas olahraga berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHermanzoni, HermanzoniUNSPECIFIED
CorrectorDonie, DonieUNSPECIFIED
CorrectorSari, Desi PurnamaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Olagraga Tradisional Buru Babi
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:13
Last Modified: 05 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43250

Actions (login required)

View Item View Item