Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, dan Nail Art Kelas XII KC 2 di SMK Negeri 6 Padang.

Amri, Febrina (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, dan Nail Art Kelas XII KC 2 di SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_FEBRINA_AMRI_18078100_5278_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penggunaan media pembelajaran kurang maksimal dan tidak bervariasi, guru hanya menggunakan metode ceramah, modul pembelajaran, jobsheet, dan sumber pembelajaran dari Youtube. Kesulitan siswa dalam menguasai materi dan kurangnya keterampilan dalam melaksanakan praktek Nail Art berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis aplikasi Canva serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas pada mata pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, dan Nail Art kelas XII KC 2 di SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII KC 2 SMK Negeri 6 Padang semester 2021/2022 dengan sampel sebanyak 32 peserta didik. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Teknik pengumpulan data menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan dan metode test. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis efektivitas. Hasil penelitian ini adalah validasi desain sebesar 0,85 dengan kategori sangat valid dan untuk validasi materi 0,89 dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilihat dari respon siswa sebesar 93,35% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas didapatkan dari respon guru sebesar 96,88% dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas diperoleh dengan melakukan uji pre-test dan post-test, rata-rata pre-test memperoleh nilai 45 sedangkan post-test memperoleh nilai 85,78, sedangkan perolehan nilai Gain menunjukkan hasil 0,73 yang memiliki arti bahwa media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Maka disarankan agar guru menggunakan multimedia interaktif yang dikembangkan ini sebagai bahan referensi dalam mata pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, dan Nail Art.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorHayatunnafus, HayatunnafusUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF, APLIKASI CANVA, NAIL ART
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > GT Technology (general) > GT General Technology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:12
Last Modified: 04 Apr 2023 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43235

Actions (login required)

View Item View Item