Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV SD

Siregar, Muniroh (2022) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_MUNIROH_SIREGAR_18129285_5765_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa bahan ajar yang digunakan masih ada masalah, Dalam kegiatan belajar mengajar guru hanya menggunakan bahan ajar cetak berupa buku siswa sebagai sumber belajar, guru masih belum mampu memberikan motivasi bertanya kepada peserta didik, sehingga peserta didik masih malu-malu untuk bertanya padahal mereka belum paham dalam pembelajaran,pendidik masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional yang didominasi oleh ceramah, guru masih belum mampu mengajak peserta didik untuk bersikap disiplin dalam proses pembelajaran misalnya disiplin dalam segi waktu, Pada pembelajaran keterampilan guru hanya menjelaskannya tanpa memberikan praktik langsung.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis Project Based Learning (PjBL) di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Tahap 1 yaitu Define, tahap II Design, tahap III Develop, tahap IV yaitu Disseminate, Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan pengumpulan teknik data menggunakan angket dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini sebanyak 15 orang peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hasil dari penelitian Pengembangan bahan ajar tematik teryang dikembangkan memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan persentase sebesar 91,6%, hasil uji validitas bahasa sebesar 93,75%, dan hasil uji validitas bahan ajar sebesar 91%. Sedangkan pada hasil uji praktikalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 91,66% dan hasil uji praktikalitas angket respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 94,66%. Penilaian aktivitas siswa diperoleh 83% kategori aktif sekali. Penilaian hasil belajar diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik dengan model Project Based Lerning untuk peserta didik kelas IV SD sudah valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BAHAN AJAR, PROJECT BASED LEARNING, MODEL 4-D
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Apr 2023 04:37
Last Modified: 04 Apr 2023 04:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43230

Actions (login required)

View Item View Item