Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Dompet Makrame Bagi Anak Tunarungu Kelas XII SMALB di SLB N 2 Padang

Ibrahim, Muhamad (2022) Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Dompet Makrame Bagi Anak Tunarungu Kelas XII SMALB di SLB N 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_MUHAMMAD_IBRAHIM_18003101_6574_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan penulis di SLB N 2 Padang. Penelitian ini membahas pembelajaran tata busana yang hanya terfokus pada pembelajaran menjahit saja yang diajarkan belum banyak inovasi. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan membuat jenis tata busana yang berbeda dan cara pengajaran yang berbeda yaitu membuat dompet makrame. Penelitian ini memakai metode penelitian ekspemin dalam bentuk Pre-eksperimen design dengan jenis one group pretest-postest. Dan data yang diperoleh diolah dan dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Hasil dari penelitian ini yaitu nilai pretest dan posttest dapat diketahui Z hitung = -2.041b dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) = 0.041. Pada tabel uji wilcoxon didapatkan bahwa probabilitas Z hitung kurang dari probabilitas yang ditetapkan (0,041 < 0, 05). Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat dompet makrame bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, FatmawatiUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, Ns SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VDIEO TUTORIAL; VOKASIONAL DOMPET MAKRAME
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:46
Last Modified: 03 Apr 2023 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43224

Actions (login required)

View Item View Item