Pengembangan Web Blog Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP

Ikram, Muhammad Aziz (2022) Pengembangan Web Blog Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_MUHAMMAD_AZIZ_IKRAM_18004200_6574_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan web blog pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 12 Padang dilatar belakangi dengan tidak adanya media pembelajaran web blog yang dapat mendukung proses pembelajaran jarak jauh dan kurangnya inisiatif peserta didik dalam mencari sumber pembelajaran di luar, guru masih menggunakan media yang sederhana dan monoton sehingga kurang menarik minat peserta didik dan menjadikan peserta didik jenuh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 12 Padang banyak yang di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pengembangan media berbasis web blog pembelajaran ini dibuat untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis web blog yang valid dan praktis dan juga mampu memberikan variasi baru bagi peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Jenis pengembangan ini adalah Researchand Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D. Model 4D terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan(development), tahap penyebaran (disseminate). Uji validasi produk dilakukan oleh tiga validator dengan dua validator media dari Dosen Departemen Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dan satu orang validator materi dari Guru IPS kelas VIII SMPN 12 Padang. Sedangkan uji praktikalitas dilakukan dengan siswa kelas VIII SMPN 12 Padang Hasil validasi produk dari validator media 1 memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,90 dan dari validator media 2 memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,55. Hasil uji validasi materi oleh validator materi memperoleh hasil “sangat valid” dengan rata-rata 4,38. Sedangkan hasil uji coba praktikalitas diperoleh hasil “sangat praktis” dengan perolehan rata-rata 4,31. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media web blog pembelajaran yang dikembangkan “sangat layak” digunakan pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: WEB BLOG PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:03
Last Modified: 06 Apr 2023 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item