Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2021

Gusana, Mairesa (2022) Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MAIRESA_GUSANA_18053074_6465_2022.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor barang konsumsi pada tahun 2017-2021 yang berjumlah 63 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return on Equity (ROE), Leverage diukur dengan menggunakan Debt to Equity Ratio (DER), Kebijakan Dividen diukur dengan menggunakan Devidend Per Share (DPS) dan nilai Perusahaan diukur dengan menggunakan Prive Book Value (PBV). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi panel dengan menggunakan program Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1) Profitabilitas, leverage dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi, (2) Profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi, (3) leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi, (4) Kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor barang konsumsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, ElviUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, TriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:07
Last Modified: 31 Mar 2023 08:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43202

Actions (login required)

View Item View Item