Pengaruh Variasi Jenis Serat dengan Matriks Limbah Plastik Polypropylene menggunakan Pengisi Sludge Kertas terhadap Sifat Termal Panel Komposit

Fitri, Nisa Cantika (2022) Pengaruh Variasi Jenis Serat dengan Matriks Limbah Plastik Polypropylene menggunakan Pengisi Sludge Kertas terhadap Sifat Termal Panel Komposit. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NISA_CANTIKA_FITRI_17034119_2082_2022.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Perubahan iklim yang terjadi saat ini dapat disebabkan oleh pemanasan global dan gas rumah kaca yang mengakibatkan temperatur di permukaan bumi meningkat. Dampak dari hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan maka diperlukan usaha dan dibutuhkan inovasi untuk mengatasi masalah ini. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah pembuatan panel komposit . Pembuatan panel komposit sebelumnya telah banyak dilakukan , akan tetapi bahan komposit yang digunakan berasal dari bahan baru sehingga memerlukan biaya lebih dan menambah penumpukan limbah. Pada penelitian ini dibuat panel komposit memanfaatkan material sisa berbahan campuran limbah plastik polypropilene, sludge kertas berpenguat serat alam yaitu ampas tebu, sabut kelapa, tandan kosong kelapa sawit. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh variasi jenis serat dengan matriks limbah plastik polypropylene menggunakan pengisi sludge kertas terhadap sifat termal panel komposit. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen laboratorium berbahan dasar limbah plastik polipropilene ditambah dengan pengisi sludge kertas dan berpenguat serat alam. Komposisi Komposit 40% plastik PP hitam, 60% sludge kertas dan 2% serat ( ampas tebu ,sabut kelapa dan TKKS) dari jumlah sludge kertas dan plastik PP hitam. Sifat termal yang diuji adalah konduktivitas termal menggunakan alat thermal conductivity apparatus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai konduktivitas termal panel komposit berpenguat serat ampas tebu yaitu sebesar 0.1036 W/m°C , serat tandan kosong kelapa sawit yaitu 0.1377 W/m°C, serat sabut kelapa yaitu 0.1603 W/m°C , dan panel komposit tanpa serat yaitu sebesar 0.2512 W/m°C. Material penguat komposit (serat ampas tebu , serat sabut kelapa, dan serat TKKS) yang bersifat isolator akan menyebabkan nilai konduktivitas termal komposit menjadi menurun .Nilai konduktivitas termal komposit lebih dipengaruhi oleh bahan pengikat/matriks komposit. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa panel komposit yang baik untuk dijadikan sebagai bahan isolator panas adalah yang memiliki nilai konduktivitas termal yang rendah yaitu berpenguat serat ampas tebu sebesar 0.1036 W/m°C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Mar 2023 08:06
Last Modified: 31 Mar 2023 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43200

Actions (login required)

View Item View Item