Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMA/MA

Rasyid, Nefrisa (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NEFRISA_RASYID_17031169_729_2022.pdf

Download (931kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu bagi guru sebagai pengirim pesan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik yang merupakan penerima pesan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di sekolah, media pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, hanya berupa teks dan gambar, serta tampilannya tidak menarik, sehingga tidak dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan keinginan dan minat peserta didik dalam belajar karena terdapat fitur-fitur yang membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu perkembangan teknologi yang banyak digunakan dalam belajar saat ini yaitu android. Sehingga dikembangkanlah media pembelajaran berbentuk APK yang dapat diakses di android oleh peserta didik. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI), meliputi tahapan define, develop, dan evaluate. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang materi sistem sirkulasi kelas XI SMA/MA. Media pembelajaran interaktif berbentuk APK ini divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi di SMAN 3 Pariaman. Selanjutnya, dilakukan uji untuk mengetahui tingkat kepraktisan media oleh 1 orang guru biologi dan 32 orang peserta didik kelas XI di SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbentuk Android Packaging Kit (APK) tentang materi sistem sirkulasi kelas XI SMA/MA yang sangat valid berdasarkan aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafisan, serta sangat praktis berdasarkan aspek kemudahan penggunaan dan aktivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:04
Last Modified: 31 Mar 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43199

Actions (login required)

View Item View Item