Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Jurusan Statistika UNP Tahun Masuk 2018 Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal

Nurzam, Najmatul Nadrah (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Jurusan Statistika UNP Tahun Masuk 2018 Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_NAJMATUL_NADRAH_NURZAM_18037052_194_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dijadikan tolak ukur bagi mahasiswa untuk melihat apakah usahanya dalam memperoleh keberhasilan belajar sudah tepat.Keberhasilan mahasiswa dalam bidang akademik dapat dilihat dari prestasi akademik yang diperoleh, ditunjukkan dari Indeks Prestasi (IP) maupun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Nilai IPK yang diperoleh oleh mahasiswa setiap semester maupun pada akhir penyelesaian studi merupakan hasil penilaian yang didapatkan melalui hasil tes ataupun tugas-tugas yang telah dikerjakan oleh mahasiswa pada setiap mata kuliah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa Jurusan Statistika UNP tahun masuk 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Statistika UNP tahun masuk 2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 130 responden yang didapat dengan menggunakan metode total sampling. Variabel respons (Y) dalam penelitian ini yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa dan variabel penjelas antara lain tempat tinggal (X1), metode belajar (X2), biaya hidup per bulan (X3), hubungan mahasiswa dengan teman (X4), hubungan mahasiswa dengan keluarga (X5), waktu bermain (X6), waktu belajar (X7), pemahaman materi (X8), dan motivasi belajar (X9). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Logistik Ordinal Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi logistik ordinal menunjukkan X2 (metode belajar), X3(1) (pengeluaran perbulan), X6 (waktu bermain) berpengaruh nyata terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa. Diperoleh model regresi logistik ordinal yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi IPK mahasiswa yaitu Berdasarkan ketiga variabel yang berpengaruh nyata terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang memiliki nilai odds ratio tertinggi sebesar 29, 67 kali dapat mempengaruhi nilai IPK mahasiswa Jurusan Statistika UNP tahun masuk 2018 dibandingkan variabel pengeluaran perbulan, dan variabel waktu bermain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorFitria, DinaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:04
Last Modified: 31 Mar 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43197

Actions (login required)

View Item View Item