Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 27 Anak Air Kota Padang

Rahayu, Lidia (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam PembelajaranTematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 27 Anak Air Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_LIDIA_RAHAYU_17129348_5030_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah karena dalam proses pembelajaran belum sepenuhnya terlaksana dengan tuntunan pembelajaran tematik terpadu, sehingga peserta didik terlihat kurang terlibat aktif dalam belajar, dan peserta didik masih merasa takut dan ragu untuk bertanya dan berbicara yang mengakibatkan kelas menjadi kaku dan cendrung terlihat membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas III SDN 27 Anak Air Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 27 Anak Air yang berjumlah26 orang peserta didik, 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan non tes. Tes berupa dalam bentuk soal evaluasi dan non tes dalam bentuk lembar observasi serta jurnal penilaian sikap dan penilaian keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan rata-rata 80,57% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 80,26% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 93,42% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 80,26% (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,42% (sangat baik), c) Penilaian terhadap keterampilan peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 75,72 dan siklus II meningkat dengan rata-rata 88,94, d) pengetahuan siklus I rata-rata 78,07 dan siklus II 87,30 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikelas III SDN 27 Anak Air Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstimar, NellyUNSPECIFIED
CorrectorAmini, RisdaUNSPECIFIED
CorrectorMuhammadi, MuhammadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASILBELAJAR, COOPERATIVE LEARNING TIPETALKING STICK
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2023 01:04
Last Modified: 31 Mar 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43194

Actions (login required)

View Item View Item