Peningkatan Pembuatan Vas Bunga dari Batu Koral Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunadaksa Kelas IX Tunadaksa ( Penelitian Tindakan Kelas di SLB Alhidayah Padang)

Irfandi, Irfandi (2022) Peningkatan Pembuatan Vas Bunga dari Batu Koral Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunadaksa Kelas IX Tunadaksa ( Penelitian Tindakan Kelas di SLB Alhidayah Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_IRFANDI_18003013_6606_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas IX tunadaksa di SLB alhidayah Padang dalam keterampilan membuat vas bunga dari batu koral, yang disebabkan oleh kurang tepat metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan wawancara guru pernah melaksanakan pembuatan vas bunga dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan namun anak sering terlihat bosan dan malas, hasil yang didapatkan juga tidak bagus. Sehingga penulis mengamati anak membuat vas bunga untuk melihat kondisi awal anak. Berdasarkan hasil kondisi awal masih jauh dari nilai KKM yaitu A 45,4% dan F 42,4%. Maka dari itu penulis tertarik untuk meningkatkan pembuatan vas bunga melalui media video tutorial, yang mana melalui media video tutorial anak diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk aktif, kreatif, dan mengembangkan sikap percaya diri. Tujuan penelitian ini ialah Mendeskripsikan proses meningkatkan pembelajaran keterampilan membuat vas bunga dari batu koral bagi anak tunadaksa kelas ix dan Membuktikan media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan membuat vas bunga dari batu koral bagi anak tunadaksa kelas ix. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek dua orang anak tunadaksa dan satu orang guru kelas. Penelitian ini melibatkan guru kelas sebagai pengamat. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu melalui observasi, tes perbuatan ,dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, hasil kemampuan anak pada akhir pertemuan siklus I A 71,21% dan F 66.66%. Kemampuan yang dimiliki anak belum optimal, karena hasil kerja belum semuanya bisa dikuasai anak. Penulis dan kolaborator melanjutkan pada siklus II agar mendapatkan nilai yang optimal. Pada siklus II ini juga dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Hasil pengukuran kemampuan A 89,39% dan F 87,87%. Berdasarkan hasil siklus I dan II ini anak sudah mandiri dan mencapai hasil yang optimal dalam keterampilan membuat vas bunga dari batu koral melalui media video tutorial. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode video tutorial dalam pelaksanaan pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membuat vas bunga dari batu koral bagi anak tunadaksa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO TUTORIAL, ANAK TUNADAKSA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:06
Last Modified: 30 Mar 2023 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43173

Actions (login required)

View Item View Item