Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 9 Berorientasi Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD

Kadarsih, Inge (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 9 Berorientasi Model Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_INGE_KADARSIH_19124021_6066_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran tematik terpadu kelas V Sekolah Dasar (SD) disebabkan oleh metode guru mengajar dengan cara konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa jenuh atau bosan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pembelajaran tematik terpadu yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru dan siswa kelas V SDN 31 Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 5 untuk mengetahui tingkat validitas, dan praktikalitas. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan dengan cara pretest dan posttest menggunakan soal objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbasis android pembelajaran tematik terpadu tema 9 berorientasi model problem based learning dinyatakan valid untuk digunakan di sekolah dasar kelas V, sesuai dengan hasil dari penilaian ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan bahasa Uji Validitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan perolehan skor 0,864 untuk validasi ahli media dan masuk dalam kategori sangat tinggi, 0,948 untuk validasi dari ahli media dan masuk dalam kategori sangat tinggi dan 0,911 untuk validasi ahli bahasa dan masuk dalam kategori sangat tinggi dan dilakukan perbaikan produk sebanyak satu kali sesuai dengan komentar dan saran validator dan lanjut pada tahap selanjutnya. Hasil uji praktikalitas memperoleh penilaian sebesar 95,417% berdasarkan angket respon siswa kelas V SD Negeri 31 Sungai Limau. Hasil Uji efektivitas hasil belajar siswa dari data pretest dan posttest diperoleh perhitungan t-tes thitung >ttabel, yaitu 28,434 > 1,71 pada taraf signifikan α 0,05. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android pembelajaran tematik tema 9 berorientasi model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorHidyati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorMiaz, YalvemaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID, PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 TERPADU, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:19
Last Modified: 29 Mar 2023 06:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43169

Actions (login required)

View Item View Item