Analisis Capaian Literasi STEM Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XIMIPA SMA Negeri 2 Bukittinggi

Chairulli, Mivtahul (2022) Analisis Capaian Literasi STEM Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Kelas XIMIPA SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MIVTAHUL_CHAIRULLI_17031163_1567_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi STEM merupakan kemampuan membaca, menulis dan berbicara yang akan menciptakan karya yang berinovasi dan diselesaikan dengan konsep sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Literasi STEM berdampak positif untuk peserta didik yaitu dapat membuat peserta didik mempunyai pemikiran yang kritis dalam menyelesaikan masalah, mempunyai kreativitas dan inovasi serta mampu mengolah dan menafsirkan masalah menggunakan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XIMIPA di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 50 orang di SMA Negeri 2 Bukittinggi. Teknik sampling yang digunakan adalah saturation sampling. Intrumen penelitian yang digunakan berupa soal literasi STEM sebanyak 16 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase (%) dari jawaban yang diperoleh dari peserta didik kelas XIMIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XIMIPA di SMA Negeri 2 Bukittinggi berada pada kategori sedang dengan persentase 62,8%. Dengan sciencesliteracy 68,4% (sedang), technology & engineeringliteracy 52,7% (rendah) dan mathematicsliteracy 67,3% (sedang). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan capaian literasi STEM peserta didik pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Bukittinggi sedang, dimana peserta didik sudah mampu memecahkan masalah dan mampu menjawab soal dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorFitri, RamadhaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:29
Last Modified: 29 Mar 2023 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43166

Actions (login required)

View Item View Item