Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learningdi Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Aulia, Indah Rahma (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learningdi Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_INDAH_RAHMA_AULIA_16129328_6695_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belajar siswa yang masih rendah, dimana pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa belum dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran,kurang terlihat pembelajaran secara penemuan oleh siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Itahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 16 orang, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh rata-rata 83,33% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 78,15% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Sedangkan rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 78,15% dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 72,48 dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II yaitu 82,28dengan kualifikasi sangat baik (SB). Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modelDiscovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN 09 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TinUNSPECIFIED
CorrectorZuryanty, ZuryantyUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR,DISCOVERY LEARNING, TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:40
Last Modified: 29 Mar 2023 03:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43165

Actions (login required)

View Item View Item