Penerapan Asas-asas dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Oleh Guru Bimbingan dan Konseling SMP Kecamatan Koto Tangah

Maulisa, Indah (2022) Penerapan Asas-asas dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Oleh Guru Bimbingan dan Konseling SMP Kecamatan Koto Tangah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_INDAH_MAULISA_18006154_6394_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan dari pelaksanaan layanan konseling individual adalah adanya penerapan asas-asas bimbingan dan konseling di dalamnya. Asas-asas bimbingan dan konseling merupakan acuan dan kaidah-kaidah dari penyelenggaraan bimbingan dan konseling. Dalam penerapannya, masih ada permasalahan sehingga perlu diketahui dari penyelenggara layanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan asas-asas berikut ini : kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kegiatan, kemandirian, kekinian, kedinamisan, keterpaduan, kenormatifan, keahlian, alih tangan dan tut wuri handayani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 41 orang guru bimbingan dan konseling yang bertugas di SMP Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel 41 orang guru bimbingan dan konseling yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh (Total Sampling). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket penerapan asas-asas dalam pelaksanaan layanan konseling individual oleh guru bimbingan dan konseling model skala likert. Data diolah menggunakan teknik analisa statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas-asas dalam pelaksanaan layanan konseling individual oleh guru bimbingan dan konseling SMP Kecamatan Koto Tangah secara keseluruhan yaitu sangat baik dengan persentase 80,5%. Penerapan asas-asas dengan kategori sangat baik yaitu kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kegiatan, kemandirian, kedinamisan, keterpaduan, kenormatifan, keahlian dan alih tangan. Sedangkan penerapan asas-asas dengan kategori baik yaitu kekinian dan tut wuri handayani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorYuca, FerlandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ASAS-ASAS BIMBINGAN KONSELING, LAYANAN KONSELING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:04
Last Modified: 29 Mar 2023 03:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43155

Actions (login required)

View Item View Item