Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi

Hayati, Ikrima (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ IKRIMA HAYATI_18129181_4866_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu, karena proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan masih berpusat pada guru sehingga mengurani keaktifan peserta didik, guru belum memberikan ransangan untuk menggali keingintahuan peserta didik sehingga peserta didik kurang berpikir kritis dan pembelajaran menjadi tidak bermakna. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 1 kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan 20 peserta didik kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Instrumen penelitian yaitu lembar penilaian RPP, lembar observasi, lembar tes, dan lembar nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil penelitian yaitu pada : a) RPP silkus I 80,68% dan siklus II 93,18%, b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 79,68% dan siklus II 90,62 %, c) Aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 79,68% dan siklus II 90,62%, d) Penilaian hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 68,68 dan siklus II diperoleh rata-rata 83,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorFarida, Farida SUNSPECIFIED
CorrectorSuriani, AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:15
Last Modified: 29 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43154

Actions (login required)

View Item View Item