Pengaruh Katekin Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Terhadap Kadar Kolesterol Pada Mencit (Mus musculus L.) Hiperkolesterolemia

Anggraini, Mita (2022) Pengaruh Katekin Gambir (Uncaria gambir Roxb.) Terhadap Kadar Kolesterol Pada Mencit (Mus musculus L.) Hiperkolesterolemia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MITA_ANGGRAINI_18032076_1885_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol dalam darah melebihi ambang batas normal. Gambir (Uncari gambir Roxb.) mengandung senyawa kimia yaitu flavonoid, khususnya katekin. Katekin dalam gambir berpotensi meningkatkan metabolisme lemak sehingga berpotensi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh mencit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh katekin gambir terhadap kadar kolesterol mencit hiperkolesterolemia. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kelompok kontrol dan tiga kelomp ok perlakuan yaitu K negatif tidak diberikan perlakuan, K positif diinduksi simvastatin setelah induksi diet tinggi lemak, P1, P2 dan P3 diinduksi katekin dengan konsentrasi berbeda 50%, 80% dan 90% setelah diinduksi diet tinggi lemak. Kadar kolesterol diperiksa dengan Easy touch GCU. Data dianalisis dengan One Way of Variance (ANOVA) dilanjutkan dengan uji DMRT derajat 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa katekin gambir berpengaruh (p<0,05) terhadap penurunan kadar kolesterol pada pasien hiperkolesterolemia. Penggunaan katekin yang paling efektif dengan tingkat konsentrasi katekin sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
CorrectorDes M, Des MUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:07
Last Modified: 29 Mar 2023 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43149

Actions (login required)

View Item View Item