Kontribusi Dukungan Sosial dan Religiusitas terhadap Resiliensi Ibu Saat Mendampingi Anak Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19

Warta, Fitri (2022) Kontribusi Dukungan Sosial dan Religiusitas terhadap Resiliensi Ibu Saat Mendampingi Anak Belajar Daring di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_FITRI_WARTA_19151015_4236_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19. Dukungan sosial dan religiusitas merupakan faktor yang diduga mempengaruhi resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran dukungan sosial Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19, (2) gambaran religiusitas Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19, (3) gambaran resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19, (4) kontribusi dukungan sosial terhadap resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19, (5) kontribusi religiusitas terhadap resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19, (6) kontribusi dukungan sosial dan religiusitas secara bersama-sama terhadap resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian seluruh Ibu anak SD 48 Ganting Kota Padang kelas rendah (1, 2 dan 3) sebanyak 145 orang, sampel berjumlah 106 orang, yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat dikemukakan bahwa: (1) secara rata-rata dukungan sosial Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19 berada pada kategori rendah, (2) religiusitasnya berada pada kategori rendah, (3) resiliensi berada pada kategori rendah, (4) kontribusi dukungan sosial terhadap resiliensi sebesar 6,7%, (5) kontribusi religiusitas terhadap resiliensi sebesar 33,3% (6) dan ada 33,9% kontribusi dukungan sosial dan religiusitas secara bersama-sama terhadap resiliensi Ibu yang mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan bagi konselor/guru BK di sekolah dalam penyusunan program bimbingan dan konseling untuk meningkatkan dukungan sosial, religiusitas dan resiliensi Ibu saat mendampingi anak belajar daring di masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, RiskaUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DUKUNGAN SOSIAL, RESILIENSI IBU
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:36
Last Modified: 28 Mar 2023 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43131

Actions (login required)

View Item View Item