Efektivitas Metode Fonik Ceria untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bunyi Simbol Huruf Konsonan Bilabial bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research di Kelas V SLB Al-Ishlaah Padang

Rahmanah, Firli (2022) Efektivitas Metode Fonik Ceria untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bunyi Simbol Huruf Konsonan Bilabial bagi Anak Tunagrahita Ringan: Single Subject Research di Kelas V SLB Al-Ishlaah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_02_FIRLI_RAHMANAH_18003095_6440_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan seorang anak tunagrahita ringan kelas 5 di SLB Al-Ishlaah Padang yang belum mengenal bunyi simbol huruf konsonan bilabial /b/, /p/, /m/, dan /w/. Oleh karena itu, permasalaha yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “apakah metode fonik ceria efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal bunyi simbol huruf konsonan bilabial bagi anak tunagrahita ringan?” Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk single subject researchdan desain A-B-A.Desain A-B-A meliputi A1 yaitu fase baseline yang merupakan kondisi awal atau keadaan alamiah anak sebelum intervensi, selanjutnya fase B ialah kondisi saat diberikannya intervensi, lalu A2 merupakan kondisi setelah diberi intervensi. Dengan menggunakan desain A-B-A ini, peneliti dapat mengukur kemampuan anak tunagrahita ringan dalam mengenal bunyi simbol huruf konsonan bilabial /b/, /p/, /m/, /w/ sebelum diberikan intervensi dan kemampuan akhir atau kemampuan yang diharapkan pada anak setelah diberikan intervensi berupa pembelajaran menggunakan Metode Fonik Ceria. Hasil penelitian yang dilakukan adalah pada fase (A1) persentase kemampuan R yaitu 33,3% - 40,6%. Pada fase (B), persentase kemampuan R yaitu 50% - 93,7%. Pada fase (A2), persentase kemampuan R yaitu 89,6% - 93,7%. Dilihat dari data, terdapat peningkatan yang positif terhadap kemampuan R. Sehingga metode fonik ceria ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bunyi simbol huruf konsonan bilabial bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKasityati, KasiyatiUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONSONAN BILABIAL, FONIK CERIA, SISWA TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:48
Last Modified: 28 Mar 2023 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43130

Actions (login required)

View Item View Item