Studi Efektivitas Jam Kerja Lembur (Overtime) Dan Jam Bergantian (Shift) Terhadap Produktivitas Pekerja Pada Upaya Percepatan Pekerjaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Teknik Gedung – A, Dekanat Universitas Negeri Padang)

Fikri, Habib Maulana (2022) Studi Efektivitas Jam Kerja Lembur (Overtime) Dan Jam Bergantian (Shift) Terhadap Produktivitas Pekerja Pada Upaya Percepatan Pekerjaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Teknik Gedung – A, Dekanat Universitas Negeri Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_HABIB_MAULANA_FIKRI_17323064_2216.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya keterlambatan pada pelaksanaan pekerjaan proyek konstruksi yang disebabkan oleh kurangnya waktu pengerjaan yang ada sehingga diperlukan percepatan pekerjaan. Percepatan dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan menambah jumlah tenaga kerja pada jam kerja normal (overmanning), menerapkan jam kerja bergantian (shift), atau menerapkan jam kerja lembur (overtime). Jenis penelitian ini adalah observasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pekerja pasangan pelapis dinding bata, pasangan ACP, dan pasangan keramik lantai pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Teknik Gedung – A, Dekanat Universitas Negeri Padang. Subjek yang diobservasi adalah produktivitas yang didapatkan pekerja pada jam kerja normal dan jam kerja lembur selama satu minggu masa pengerjaan, setelah itu mengasumsikan jam kerja bergantian (shift) karena metode jam kerja ini tidak digunakan pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Teknik Gedung – A, Dekanat Universitas Negeri Padang). Hasil dari penelitian ini yaitu jam kerja dua shift bergantian lebih efektif dibanding jam kerja lembur pada pekerjaan pasangan pelapis dinding dan pasangan ACP dengan nilai 1 > 0.89 dan 1 > 0.91. Namun kurang efektif pada pekerjaan pasangan keramik lantai 1.22 > 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGiatman, MUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorYustisia, HennyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kerja Lembur
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:39
Last Modified: 27 Mar 2023 03:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43124

Actions (login required)

View Item View Item