Inventarisasi Jamur Makro Di Kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang Kecamatan Teluk Kabung Kota Padang Sumatera Barat

Indrawan, Kurnia Putri (2022) Inventarisasi Jamur Makro Di Kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang Kecamatan Teluk Kabung Kota Padang Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_KURNIA_PUTRI_INDRAWAN_18032013_595_2022.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Hutan mangrove Karan Sungai Pisang merupakan kawasan hutan mangrove yang terletak di Kecamatan Teluk Kabung Selatan Kota Padang Sumatera Barat. Kawasan hutan mangrove Karan Sungai Pisang merupakan habitat yang cocok untuk pertumbuhan jamur makro karena memiliki kisaran suhu antara 22℃-35℃ dan kelembapan sekitar 80%-90%. Inventarisasi jamur makro di kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang perlu dilakukan untuk mengetahui potensi dan keragaman jamur tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui jenis jenis jamur makro di kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang Kecamatan Teluk Kabung Kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey secara langsung di lapangan dengan menjelajahi area hutan mangrove, dengan pengambilan sampel secara incidental. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan bulan September hingga Desember 2021. Proses identifikasi dilakukan di Laboratorium Biologi Dasar Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Sampel di identifikasi berdasarkan ciri morfologi dan dianalisis dengan acuan buku identifikasi serta jurnal yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur yang ditemukan di kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang yaitu Irpex lacteus, Auricularia auricula, Myxarium sp., Lentinus sajor caju, Trametes sp. 1, Trametes sp. 2, Rigidoporus sp., Ganoderma sp., dan Daldinia concentrica. Dapat disimpukan bahwa jamur makro yang berhasil di temukan di kawasan Hutan Mangrove Karan Sungai Pisang ada 9 jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorFifendy, MadesUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:55
Last Modified: 27 Mar 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43121

Actions (login required)

View Item View Item