Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Jejaring Sosial Geschool terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang

Hia, Kristina (2022) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Jejaring Sosial Geschool terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_KRISTINA_HIA_17029030_864_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan modal dasar untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik akan memudahkan peserta didik untuk mengingat, menggunakan, menyusun kembali suatu konsep yang telah dipelajari serta dapat menyelesaikan berbagai variasi soal matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Padang masih perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut yaitu menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan jejaring sosial geschool dengan peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan jejaring sosial geschool. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi exsperiment dengan rancangan penelitian Randomized Subjects Posstest Only Control Group Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas VIII.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis. Data tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dengan mengggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Bedasarkan hasil analisis data, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan jejaring sosial geschool lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional berbantuan jejaring sosial geschool di kelas VIII SMP Negeri 4 Padang Tahun Pelajaran 2021/2022, dengan taraf .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:55
Last Modified: 27 Mar 2023 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43120

Actions (login required)

View Item View Item