Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Predikat Kelulusan Mahasiswa Program Sarjana Matematika UNP Wisuda Tahun 2020 dengan Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal

Maharani, Khansa Septri (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Predikat Kelulusan Mahasiswa Program Sarjana Matematika UNP Wisuda Tahun 2020 dengan Menggunakan Analisis Regresi Logistik Ordinal. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_KHANSA_SEPTRI_MAHARANI_18037034_193_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar dalam perguruan tinggi dapat dinyatakan dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Salah satu tolak ukur kelulusan adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang dinyatakan dengan predikat kelulusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi predikat kelulusan mahasiswa Program Sarjana Matematika UNP tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Sarjana Matematika UNP wisuda tahun 2020. Sampel yang digunakan sebanyak 62responden didapat dengan menggunakan metode proportional sampling. Variabel penjelas adalah yaitu jenis kelamin (X1), metode belajar (X2), asal daerah (X3), jalur penerimaan (X4), beasiswa (X5),organisasi (X6), lama studi (X7), pendapatan orangtua (X8). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Logistik Ordinal. Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi logisti ordinal menunjukan X2 (metode belajar) dan X6(2) (organisasi tidak aktif) berpengaruh signifikan terhadap predikat kelulusan mahasiswa. Diperoleh model regresi logistik ordinal yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi predikat kelulusan mahasiswa yakni Berdasarkan kedua variabel yang berpengaruh nyata terhadap predikat kelulusan yang memiliki nilai odds ratio tertinggi yaitu variabel organisasi tidak aktif sebesar 0,357 kali dapat mempengaruhi nilai predikat kelulusan Program Sarjana Matematika UNP Tahun 2020dibandingkan variabel metode belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorSalma, AdmiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:28
Last Modified: 27 Mar 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43118

Actions (login required)

View Item View Item