Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Pembelajaran Generatif di Kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman

Putri, Jevi Melia (2022) Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Pembelajaran Generatif di Kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_JEVI_MELIA_PUTRI_17029099_165_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran generatif di kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimendengan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan kelas XI MIPA 2 Shift Asebagai kelas subjek. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay yang dianalisis dengan mencari rata-rata kelas subjek selanjutnya dikualifikasikan. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas subjek yaitu 20,28. Setelah rata-rata tersebut dikualifikasikan diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran generatif masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:36
Last Modified: 27 Mar 2023 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43114

Actions (login required)

View Item View Item