Putri, Jevi Melia
(2022)
Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Penerapan Model Pembelajaran Generatif di Kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran generatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran generatif di kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman.
Jenis penelitian ini adalah Pra-Eksperimendengan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Pasaman Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan kelas XI MIPA 2 Shift Asebagai kelas subjek. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay yang dianalisis dengan mencari rata-rata kelas subjek selanjutnya dikualifikasikan.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas subjek yaitu 20,28. Setelah rata-rata tersebut dikualifikasikan diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran generatif masuk kategori baik.
Actions (login required)
|
View Item |