Perencanaan Stockpile Pelabuhan pada Coal Handling Facility PT. Surya Global Makmur Kecamanatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

Syifa, Femi Audya (2022) Perencanaan Stockpile Pelabuhan pada Coal Handling Facility PT. Surya Global Makmur Kecamanatan Taman Rajo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_12_FEMI_AUDYA_SYIFA_17137086_3683.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Surya Global Makmur merupakan perusahaan yang memproduksi keperluan batubara yang sedang melakukan tahap kontruksi untuk Coal Handling Facility dengan pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) pada lahan seluas ±11 hektar yang berlokasi di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Pelabuhan tersebut akan dijadikan stockpile sementara, sebelum batubara tersebut dapat diangkut kembali menggunakan kapal tongkang menuju konsumen. Stockpile memiliki kegunaan sebagai tempat penyimpanan untuk batubara dan memerlukan manajemen yang harus sesuai dengan proses yang akan dilalui oleh batubara. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancangan stockpile yang akan dijalankan sebagai tata kelola penyimpanan batubara. Prinsip yang digunakan pada penelitian ini adalah prinsip manajemen stockpile yaitu sistem First In First Out (FIFO) yang artinya batubara yang pertama masuk harus menjadi batubara yang pertama keluar dari area stockpile Berdasarkan hasil desain tumpukan batubara di area stockpile PT. Surya Global Makmur terdapat 7 timbunan batubara dengan bentuk limas terpacung untuk 3 jenis kalori batubara yaitu low clories, medium calories dan high calories. Pada simulasi pengiriman batubara dalam jangka waktu 30 hari terdapat penimbunan batubara di area stockpile yaitu sebanyak 40.000 ton dan disesuaikan dengan hasil perhitungan dengan menggunakan software surpac 6.6.2 kapasitas batubara yang mampu ditampung pada area stockpile Coal Handling Facility yaitu total volume 147,085 m³ dengan total tonase yaitu 141,199 ton maka kapasitas stockpile milik PT. Surya Global Makmur memadai untuk menampung jumlah batubara tersebut. Jumlah alat yang dibutuhkan di area stockpile Coal Handling Facility yaitu berupa 3 unit wheel loader WA380-7, 4 unit excavator PC300-8 dan 5 unit dumptruck Mercy 3336K.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorHAR, RusliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Stockpile Pelabuhan
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Nurismen S.Sos
Date Deposited: 24 Mar 2023 01:10
Last Modified: 24 Mar 2023 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43104

Actions (login required)

View Item View Item